cara otomatis membuat kutipan dan daftar pustaka

Cara membuat kutipan dan daftar pustaka otomatis
      kutipan dan daftar pustaka sesuatu yang sangat penting dalam pembuatan makalah, karya tulis ilmiah, bahkan skripsi, ini berfungsi untuk menunjukan sumber data yang dikemukakan atau yang ditulisakan pada sesuatu yang di buat tersebut. Namun pada kutipan dan daftar Pustaka ada perbedaan peletakan nya. Kutipan berada pada awal atau akhir kalimat suatu pendapat seseorang yang kita tulis pada karya tulis kita tersebut namun daftar pustaka memiliki temlat khusus peletakanya biasanya pada halaman terakhir pada lembar karya tulis yang kita buat. Dan jika ingin membuat kutipan serta daftar pustaka secara otomatis sebaiknya perhatikan step-step berikut:

A. Membuat Kutipan
  1. Letakkan kursor pada akhir atau awal kalimat yang ingin kita tambahkan kutipan
  2. Masuk pada menu reference dan pilih insert citation, maka akan muncul tampilan seperti berikut
  3. Setelah muncul tampilan seperti diatas anda pilih add ner source mqka tampilan akan otomatis seperti berikut
  4. Setelah tampil seperti diatas anda tinggal menuliskan informasi yang perlu dimasukan kedalam kutipan. Baik itu dari buku maupun internet pilihannya sudah tertera pada dialog box tersebut, klik pada show All bibliografi untuk memasukan informasi selebihnya. Tampilanya seperti gambar berikut.
  5. Untuk memudahkan anda dalam penulisan nama yang akan dibuat anda masuk kedalam edit pada penulisan nama (Author).
  6. Saat semua informasi yang kita butuhkan sudah dimasukan kedalam dialog box tersebut kita tinggal menekan tombol oke. Dan kutipan akan tertera langsung pada kursor yang telah kita tentukan.
  7. Jika ingin merubah style atau gaya tampilanya anda perlu memilih pada menu style dan pilih sesuai dengan kebutuhan seperti gambar berikut
Jika anda telah mengikuti semua langkah diatas maka kutipan akan selesai terbuat sesuai dengan kebutuhan karena hal ini otomatis maka tidak akan terdapat kesalahan kecuali langkah-langkangah belum terlaksana semua..


B. Membuat Daftar Pustaka
             Dalam pembuatan daftar Pustaka pada ms. Word langkahnya sama seperti                 langkah-langkah pembuatan kutipan diatas. Kita hanya perlu memasukan informasi yang     diperlukan pada new source dan setelah semua selesai dimasukan klik oke, dan step           akhir anda klik pada menu bibliografi seperti gambar di bawah
   Dan pilih pada pertama dan kedua. Setelah di klik maka akan muncul dialog box                   bibliografi dan kita tinggal update semua source yang telah dibuat kedalam box bibliografi     tersebut. Dan secara otomatis daftar pustaka akan muncul sesuai dengan informasi yang     kita masukan pada source sebelumnya. Untuk mengubah style nya sama langkahnya           seperti mengubah style pada kutipan diatas.

Baca juga

Membuat daftar isi dengan tabulasi dan table of contens microsoft wordhttps://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tata cara menggunakan rumus di ms. exell baik menggunaka fungsi matematika maupun operator matematika (+,-, *, /)

fungsi vlookup dan hlookup serta perbedaan penggunaannya

teknik dan pembuatan daftar isi dengan multi level list